Jumat, 09 April 2010

Digital Nikon



Digital Nikon D300
Digital Nikon D300 disebut sebut sebagai kamera profesional versi ekonomis. Sebagai penerus D200, kamera DSLR berkualitas 12,3 Mp ini merupakan versi ekonomis dari D3. Selain sama sama beresolusi 12,3 Mp, kedua kamera juga memiliki sistem autofocus sebanyak 51 titik. Banyak fitur/fasilitas yang dimiliki D3 dipunyai pula oleh D300. Kesamaan lainnya adalah pada layar LCD 3 inci dengan resolusi tinggi yang menawarkan live view, sistem dust cleaning, weatherproof, dan beberapa lagi yang lain. D300 sangat cocok untuk pemotretan olahraga dengan burst mode 6-8 fps (frame per second) dan pelacakan autofocus yang cepat.


Secara garis besar, perbedaan antara Digital Nikon D300 dan D3 terletak pada format sensor gambarnya. D300 menggunakan format DX, sedangkan D3 memakai FX (full-frame). Menurut DigitalCameraInfo.com, kamera tersebut memang memiliki sistem reduksi debu tapi tidak menyertakan image stabilization (IS) yang menempel di body, sebagaimana telah diterapkan oleh beberapa produsen kamera lainnya. Boleh dibilang, D300 bukanlah kamera yang sempurna, tapi mendekati sempurna. IS-nya hanya terdapat pada lensa-lensa tertentu bikinan Nikon. Sementara itu, software yang disertakan dalam setiap pembelian pun kurang memadai untuk keperluan editing serius, sehingga pengguna/pemiliknya harus mengupayakan program pengolah gambar lainnya.

Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa D300 menyodorkan handling yang luar biasa bagus, viewfinder optikal yang cerah dan akurat, autofocus cepat, layar LCD beresolusi tinggi, burst mode cepat, fokus manual pada live view, dan kualitas gambar yang ampuh. Sayangnya, sekali lagi, sistem IS belum menyatu di body kamera dan software yang disertakan terlalu dasar.



Jika Anda suka dengan artikel saya bagikan dengan teman Anda di facebook, tinggal klik bagikan. Thanks
Bagikan
Related Post: Tips Membeli Kamera Digital SLR



NegeriAds.com solusi berpromosi